ACIKITA SHORT STUDIES TO JAPAN AND ABROAD (ASSJA)

 

ASSJA (ACIKITA Short Studies to Japan and Abroad), adalah program edukasi singkat yang dilaksanakan terutama di Jepang dan diluar negeri lainnya. Program ini merupakan program edukasi informil untuk pelajar, mahasiswa, beragam profesional, maupun untuk umum (siapa aja boleh ikuit serta). Kegiatan ASSJA secara detil dapat dilihat di Fanpage ASSJA

 

Tujuan ASSJA

  1. Menghadirkan pelajaran berharga kepada peserta tentang rahasia kemajuan bangsa Jepang. Bahwa kemajuan yang mereka capai, adalah buah dari etika, moral dan karakter yang melekat pada setiap diri manusia dewasa Jepang, adalah juga buah dari sistem pendidikan dini dan dasar yang mereka desain dan terus diinovasi sesuai kemajuan zaman dan geliat teknologi. Sehingga diharapkan bisa menjadi inspirasi dan teladan untuk kemajuan bangsa Indonesia.
  2. Mengetahui sistem pendidikan di Jepang yang menjadi akar kemajuan bangsa Jepang. Diharapkan bangsa Indonesia bisa berbenah diri untuk memutus rantai permasalahan bangsa saat ini.
  3. Melihat kondisi nyata kemajuan dan kehidupan di Jepang (termasuk pelayanan dan sistem penyelenggaraan oleh aparat pemerintah), menginspirasi peserta akan peradaban, tata krama dan kehidupan yang baik. Jepang meskipun telah dikenal sebagai negara maju, tapi etika, kepribadian, dan moral masyarakatnya sangat baik untuk ditiru.
  4. Memetik nilai-nilai positive yang diekspresikan oleh manusia Jepang, dalam berbagai peran yang dilakonkannya di berbagai profesi.Menginspirasi peserta untuk menerapkan sistem pendidikan yang mampu mengatasi permasalahan bangsa ke depan, berangkat dari kondisi terkini Indonesia kita. Bangsa yang maju adalah yang mempunyai sistem pendidikan yang baik.

 

Program ASSJA

 

Program ASSJA meliputi :

  1. Studi visit bagi anak SD, SMP, dan SMA (Setiap bulan, kecuali Agustus). Setiap sekolah bisa menentukan jadwal sendiri.
  2. Studi visit sistem pendidikan (mula dari sistem pendidikan TK – universitas, dilaksanakan setiap September 22-28 setiap tahunnya).
  3. Studi visit untuk staf pemerintahan (Setiap November 22-28, setiap tahun).
  4. Studi visit untuk para dosen dan peneliti (untuk kerjasama riset).
  5. Studi visit sistem kesehatan (untuk para medis), setiap Oktober 6-12 setiap tahun.
  6. ACIKITA Open Campus (Studi visit untuk para mahasiswa yang akan lanjut studi ke Jepang), setiap bulan Mei minggu ke2, setiap tahun.
  7. ACIKITA Summer vacation program (setiap Mei, Juni, Juli dan awal Agustus, setiap tahun). Peserta adalah pelajar SD (mulai kelas 5 dan 6), SMP, SMA dan mahasiswa.
  8. ACIKITA Exchange program (setiap April dan Juni setiap tahun).
  9. Training guru TK dan SD, setiap Februari, 6-12 Februari setiap tahun.
  10. Training pertanian, setiap bulan Juni selama 1 bulan.

Namun bila ada group yang meminta bantuan kami maka kegiatan dapat dilaksanakan di luar dari jadwal di atas.

 

KERJASAMA

Program ini terwujud atas kerjasama dengan berbagai pihak di Jepang

  1. Kobe University, lab Prof. Kondo
  2. Osaka University, lab Prof Naota
  3. Tokyo University, Lab Prof Matsuo
  4. KIS (Kobe Indonesian Society).
  5. Manabito Foundation
  6. Hyogo International Association.
  7. Tokyo Institute of Technology (TIT).
  8. Hyogo Internasional Ascociation (HIA).
  9. Kobe Recycle Center
  10. Hyogo University.
  11. Suma Gakuen School
  12. Hiyodoridai kindegarten, elementary, and Junior High school.
  13. Gakuen Toshi School and University.

Bila berminat ikut serta untuk mengikuti program ASSJA dapat menghubungi kami. Terimakasih.

 

Pengurus ACIKITA