ACIKITA MOSQUE

 

Alhamdulillah pada bulan Mei 2015, kami telah membeli satu lantai rumah yang difungsikan untuk mesjid dan informasi ACIKITA Internasional. Kami mengucapkan terimakasih atas donasi dan support dari saudara seiman dan setanah air di mana pun berada, serta kolega muslim dari negara lainnya. Insyaallah Allah akan membalas semua kebaikan dan bantuan yang telah diberikan untuk perjuangan kami di ACIKITA, Aamiin YRA.

Mesjid Istiqomah ACIKITA, Hiyodoridai, Kobe

 

Latar Belakang Pendirian Mesjid di Kobe

Sebagai masyarakat Islam yang berada di antara golongan mayoritas non muslim, kami sangat memerlukan wadah untuk bisa berkumpul bersama, bersilaturrahmi dan berinteraksi dengan sesama baik dari negara yang sama maupun dengan warga muslim lintas negara. Dan hal penting adalah butuh wadah untuk mencharger diri agar terus mempunyai semangat yang kuat dalam menegakkan dienNya dan memelihara iman dan Islam kami.

 

Untuk di daerah Kobe, umumnya pelajar Indonesia berstatus single. Kalaupun beberapa ada yangsudah berkeluarga, namun tidak banyak yang bisa membawa serta keluarganya. Sehingga kami kesulitan mencari tempat pengajian untuk keluarga. Selama ini hanya 2-3 keluarga, yang bersedia menjadi tuan rumah untuk pengajian keluarga. Untuk itu kami pandang perlu untuk menyediakan tempat yang bisa dipakai kapan saja untuk pengajian muslim Indonesia (terutama) di wilayah Kobe, tanpa prosedur yang rumit.

Bagian dalam Mesjid Istiqomah, Mesjid ACIKITA di Kobe

 

Mesjid ini adalah mesjid Indonesia di daerah Kobe, tentu saja semua muslim Indonesia di Jepang bila berkesempatan ke Kobe bisa sholat dan menggunakan fasilitas di mesjid ini, dan beraktivitas bersama. Bahkan kami juga sangat senang bila muslim dari negara lain pun ikut menggunakan mesjid ini, karena orang muslim adalah bersaudar. Dan di daerah Hiyodoridai, Kobe juga ada beberapa keluarga muslim paduan Jepang dan Algeria. Bahkan mereka ikut serta berjuang dalam urusan pembelian rumah yang dijadikan mesjid ini. Alhamdulillah indahnya persaudaraan di bawah payung Islam.

 

Begitu juga halnya dengan anak-anak, mereka juga memerlukan wadah khusus untuk bisa mempelajari Islam, sholat, dan mengaji. Kita tahu di sekolah Jepang, mereka tidak mendapatkan materi pelajaran agama Islam khusus, sangat berbeda dengan kurikulum sekolah pada umumnya di Indonesia.

 

Di daerah Kobe sangat banyak ditemukan gereja, bahkan sampai ke pelosok atau daerah yang jauh dari pusat kota. Di daerah Hiyoridai, terdapat gereja yang berdiri kokoh, dan pintunya selalu terbuka setiap hari. Nyanyian gereja di hari libur, terdengar kuat hingga ke jalan. Kami sungguh gamang, karena kalau tidak dibentengi dengan keimanan yang kuat, maka kondisi ini bisa mempengaruhi para anak muslim yang tinggal di daerah Kobe. Kondisi ini pun membuat kami tambah bersemangat membentengi diri dan generasi penerus muslim, untuk bisa belajar dan saling menguatkan, di dalam mesjid yang tengah diwujudkan.

 

Tujuan Kegiatan

Pendirian mesjid ini bertujuan :

  1. Sebagai tempat berkumpul para muslim dan muslimah Indonesia, serta muslim lainnya untuk melaksanakan ibadah sholat bersama, mendengarkan ceramah, berdiskusi dan melakukan aksi nyata untuk membantu sesama, terutama sadara muslim yang membutuhkan bantuan.
  2. Sebagai tempat syiar dan mengenalkan pribadi Islam ke pada masyarakat sekitar. Saat ini image Islam sangat jelek di mata masyarakat Jepang, karena pemberitaan di banyak TV Jepang, bahwa yang membunuh orang Jepang adalah ISIS, sebuah organisasi Islam. Sedangkan Islam tidak mengajarkan kekerasan, Islam adalah agama yang cinta damai. Berucap saja tentu tidak akan merubah penilaian mereka. Maka harus dibuktikan dengan interaksi yang baik dengan masyarakat sekitar.
  3. Sebagai tempat bermain bersama ibu dan anak, sehingga ibu-ibu yang lelah dari rutinitas di rumah, bisa datang, berinteraksi bersama, sholat dan mengaji, serta makan bersama.
  4. Menjadi tempat anak-anak belajar Islam, beribadah, dan mengaji Alqur’an. Juga di masjid ini mereka bisa berinteraksi dengan sesamanya.
  5. Sebagai tempat merumuskan perjuangan nyata yang bisa dilakukan oleh anak bangsa yang ada di luar negeri untuk memajukan Indonesia, sebagai bagian dari masyarakat dunia. “Cinta tanah air adalah bahagian dari iman”.
  6. Promosi Indonesia kepada masyarakat sekitar. Kami ingin mempunyai office dan manajemen yang jelas, dan di office ini sekaligus bisa menjadi gallery Indonesia.

 

Pengurus ACIKITA

Update Januari 2018