PTU Online Untuk Riset Tugas Akhir S1 dan S2 di Universitas Jepang

Bagi student di universitas di Indonesia yang ingin melakukan riset tugas akhir di universitas di Jepang, maka dapat mengajukan permohonan aplikasi dengan mengisi form online di ACIKITA.
Student harus membuat proposal rencana riset dan mengeksplorasi website universitas yang direkomendasikan (oleh pihak ACIKITA) untuk menemukan calon professor pembimbing sesuai bidang riset yang diambil. Pihak ACIKITA akan membantu menghubungi dan menemui professor yang dipilih, kemudian merekomendasikan student kepada professor. Masa belajar 6 bulan – 1 tahun (student dididik hingga sukses apply di universitas).

Biaya
Uang pendaftaran 15,000 yen.
Biaya sekolah PTU (pendidikan sesuai kurikulum PTU) 500,000 yen (70,000,000).

Persyaratan :
1. Mengisi form online pendaftaran https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSelvYBxl1dnW9gZn6xQ4pTEBRaEoWLO5riPGi66CQVhyo6pXw/viewform (silahkan dikopi for ini).
2. Membayar biaya PTU
3. CV
4. Transkrip nilai dalam Bahasa Inggris
5. Ijazah dalam Bahasa Inggris.
6. Proposal rencana riset.
7. Motivation letter.
8. Rekomendasi dari professor di Indonesia (2 orang professor),
format bebas.
9. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
10. Lulus seleksi dokumen dan test wawancara di ACIKITA.
11. Pendaftaran harus dilakukan satu tahun sebelum riset tugas akhir akan dilaksanakan, jadi pada tahun ke 3 sebaiknya student sudah mendaftar untuk mengikuti program ini.

NB : Dibutuhkan juga surat dari dosen pembimbing di Indonesia yang menerangkan dan mensupport student untuk melakukan tugas akhir di univ di Jepang sesuai dengan yang direkomendasikan oleh kami di ACIKITA.

TRANSFER DANA
Biaya pendaftaran dan uang sekolah PTU bisa ditransferkan ke rekening berikut :
Bank Syari’ah mandiri KCP PANG, PAYAKUMBUH
Nama rek : acikita donatur
No rek : 7120104491
Setelah menstransferkan dana, bisa diinformasikan ke nomor : Zidni +62 852-7222-0205.

BIAYA DI JEPANG
Program pertukaran pelajar dan riset tugas akhir untuk universitas di Indonesia yang mempunyai kerjasama dengan universitas di Jepang, maka ada keringanan biaya (bahkan mungkin gratis, tergantung kesepakatan universitas), umumnya universitas seperti UI, ITB, IPB, UGM mempunyai kerjasama dengan universitas milik Nasional Jepang, misalnya Tokyo Univ, Tokyo Institute of Technology (ITB-nya Jepang), Kobe Univ, Osaka Univ. Untuk itu calon student harus memastikan hal ini kepada staf di bagian international collaboration di universitas masing-masing.

Yuk semangat untuk masa depan diri dan bangsa!!!
Wassalam
Pengurus ACIKITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *