Online School Preparation to University (PTU) in Japan (Sekolah Online Persiapan Lanjut Studi Ke Jepang) 2020-2021

Kenapa perlu PTU?

Bila ingin lanjut studi ke luar negeri terutama ke Jepang, maka persiapan harus dilakukan jauh hari, hal ini disebabkan karena perbedaan sistem pendidikan antara Indonesia dengan Jepang. Mulai dari aturan mengisi form aplikasi, persyaratan yang harus dipenuhi, prosedur seleksi dan test untuk setiap program yang diambil, semuanya berbeda dengan sistem kita di Indonesia.

Di Jepang, mulai dari TK hingga universitas, setiap murid yang akan bersekolah, maka harus mendatangi sekolah atau calon professor yang akan dituju. Bila usia TK dan prasekolah, tentu orangtua bersama anak yang mengunjungi sekolah. Dan untuk masuk SMA dan universitas, maka student wajib datang ke sekolah dan universitas yang dituju pada saat open campus. Hanya mereka yang datang pada saat open campus yang bisa mengirimkan form aplikasi masuk universitas, atau yang akan diterima oleh professor sebagai calon student S2 atau S3.

Berhubungan dengan hal di atas, untuk tingkatan universitas, tentu tidak mudah dilakukan oleh student yang berada di luar negeri Jepang, termasuk student dari Indonesia. Maka keberadaan ACIKITA di Jepang, sungguh sangat membantu bagi student Indonesia yang akan lanjut studi ke universitas di Jepang.

Kami insyaAllah bisa merekomendasikan para student Indonesia kepada para professor di berbagai universitas di Jepang untuk berbagai disiplin ilmu. Dan para professor di Jepang juga sangat menyambut baik pihak ACIKITA, karena perjuangan ACIKITA mempunyai tujuan yang jelas untuk memajukan Indonesia melalui perjuangan meng-higher generasi muda Indonesia, untuk kemajuan pendidikan dan riset, selanjutnya akan bermanfaat untuk hubungan dan kerjasama yang baik antar dua negara negara di masa depan.

Umumnya professor di universitas di Jepang, tidak akan membuka email-email dari peminat studi yang datang dari berbagai negara di dunia, email tersebut di-delete saja. Hanya student yang direkomendasikan oleh seseorang, atau yang menjumpai professor langsung yang akan diterima oleh professor di berbagai universitas di Jepang. Untuk itu dengan keberdaan ACIKITA di Jepang, sungguh sangat membantu para peminat studi lanjut ke Jepang.

Kami insyaAllah paham lika-liku melanjutkan studi dan mendapatkan studi di universitas di Jepang, dan kami paham kelemahan student Indonesia hal ini berdasarkan pengalaman perjuangan sejak 2008-2020 dalam mensupport anak bangsa lanjut studi ke berbagai universitas di Jepang. Maka itu mulai tahun 2020 ini kami membuka Sekolah Online Persiapan Lanjut studi ke Universitas di Jepang.

Agar proses berjalan baik, dan semua kejadian yang selama ini terjadi tidak terulangi lagi, juga mengingat perjuangan ACIKITA masih panjang dan kami ingin terus menjaga hubungan baik dengan para professor di universitas di Jepang, maka student Indonesia perlu kami didik “agar bisa berkomunikasi yang baik dan pantas” ketika sudah pada tahapan berhubungan via email dengan para professor di Jepang.

Kami sebagai tamatan dan akademisi (professor) yang berkarya di universitas di Jepang, menginginkan banyak anak bangsa yang bisa mengambil kesempatan studi di Jepang. Bahkan sebenarnya sangat banyak beasiswa yang bisa di-apply, yang tersedia di berbagai universitas di Jepang. Hanya saja, selama ini umumnya student dari Indonesia tidak siap dan tidak paham dengan semua persyaratan, tidak mampu berkomunikasi dengan etika yang baik (tidak jujur) dengan professor, sehingga tidak banyak yang berhasil, walaupun sudah kami pertemukan dan sudah diterima oleh professor kolega kami di Jepang. (Hal ini berdasarkan pengalaman di ACIKITA selama ini, sejak 2008 hingga kini dalam mensupport student Indonesia lanjut studi ke Jepang).

TUJUAN PTU
Kami ingin mendidik anak-anak Indonesia yang berbakat di bidang akademik, untuk penjadi ilmuwan yang unik dan spesifik di bidangnya. Punya originality dalam research, sehingga mampu mencipta sesuatu. Hasil karya bermanfaat untuk ummat manusia, dan ummat dunia. InsyaAllah untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Aamiin YRA.

PROGRAM PTU ONLINE
Untuk murid-murid yang memang mempunyai bakat dan minat di bidang akademik, yang ingin bercita-cita menjadi professor dan peneliti yang hebat, maka kami menerima murid PTU online dalam berbagai tingkatan:

1. PTU online untuk murid SD (syarat SD kelas 5 dan 6).
2. PTU online untuk murid SMP (baik kelas 1,2,dan 3 SMP).
3. PTU online untuk murid SMA (kelas 1,2) dan murid SMA kls 3 untuk
masuk univ di Jepang, (tersedia beasiswa bagi murid yang
berprestasi).
4. PTU online untuk mahasiswa tahun 1,2 untuk pertukaran pelajar di
universitas di Jepang.
5. PTU online untuk mahasiswa tahun 3 untuk penelitian tugas akhir
di universitas di Jepang.
6. PTU online untuk mahasiswa tahun 4 untuk lanjut S2 di Jepang.
(tersedia beasiswa bagi murid yang berprestasi).
7. PTU online untuk tamatan S1, S2 untuk lanjut S2 dan s3 di
Jepang. (tersedia beasiswa bagi murid yang berprestasi).

BIAYA PTU ONLINE
1. PTU untuk murid SD
Uang pendaftaran 5000 yen (700,000).
Uang sekolah 120,000/tahun (Rp 17,040,000, kurs saat ini).
2. PTU untuk murid SMP
Uang pendaftaran 10,000 yen (Rp 1,400.000, kurs saat ini)
Uang sekolah 150,000/tahun (Rp 21,300,000, kurs saat ini)
3. SMA kelas 1 dan 2
Uang pendaftaran 10,000 yen (Rp 1,400.000, kurs saat ini)
Uang sekolah 200,000/tahun (Rp 28,000,000, kurs saat ini)
4. SMA kelas 3, dan tamat SMA (untuk masuk univ S1 di Jepang).
Uang pendaftaran 15,000 (2,100,000)
Uang sekolah 1 tahun 500,000 yen/tahun (Rp 70,000,000, kurs saat
ini). Untuk yang berpotensi dan bergiat bisa mendapatkan
beasiswa di universitas negeri di Jepang yang kami
rekomendasikan.

Persyaratan :
1. Mengisi form online pendaftaran.
2. Membayar biaya PTU
3. Mengirimkan CV
4. Transkrip nilai dalam Bahasa Inggris
5. Motivation letter.
6. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
7. Lulus seleksi dokumen dan test wawancara di ACIKITA.

5. PTU Online Untuk pertukaran pelajar di universitas di Jepang.

Uang pendaftaran 15,000 yen
Biaya sekolah PTU (pendidikan sesuai kurikulum PTU) 500,000 yen (70,000,000, kurs saat ini). Masa belajar 6 bulan – 1 tahun (student dididik hingga sukses apply masuk universitas. Biaya di Jepang, biaya uang sekolah tergantung dari kerjasama antara universitas di Indonesia dengan universitas di Jepang. Andaikan ada kerjasama dan kesepakatan, mungkin bisa gratis uang sekolah, biaya hidup, dan mendapat biaya tunjangan hidup setiap bulan (semuanya tergantung dari poin kerjasama U to U yang sudah disepakati). Tapi kalau tidak ada kerjasama, maka student harus membayar uang pendaftaran masuk universitas, dan uang kuliah. Karena kami mengirimkan student ke universitas top nasional Jepang, walaupun membayar uang sekolah, tetap sangat murah. Dan kesempatan pernah mengikuti pertukaran pelajar dan riset tugas akhir di Jepang, bisa merupakan jalan tol untuk bisa lanjut S2 nantinya.

Persyaratan :
8. Mengisi form online pendaftaran.
9. Membayar biaya PTU
10. Mengirimkan CV
11. Transkrip nilai dalam Bahasa Inggris
12. Motivation letter.
13. Rekomendasi dari professor di Indonesia (2 orang professor),
format bebas.
14. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
15. Lulus seleksi dokumen dan test wawancara di ACIKITA.

6. PTU Online Untuk riset tugas akhir S1 atau S2.
Student harus membuat proposal rencana riset dan mengeksplorasi website universitas yang direkomendasikan (oleh pihak ACIKITA) untuk menemukan calon professor pembimbing sesuai bidang riset yang diambil. Pihak ACIKITA akan membantu menghubungi dan menemui professor yang dipilih, kemudian merekomendasikan student kepada professor. Masa belajar 6 bulan – 1 tahun (student dididik hingga sukses apply masuk universitas).

Biaya
Uang pendaftaran 15,000 yen.
Biaya sekolah PTU (pendidikan sesuai kurikulum PTU) 500,000 yen (70,000,000).

Persyaratan :
1. Mengisi form online pendaftaran
2. Membayar biaya PTU
3. CV
4. Transkrip nilai dalam Bahasa Inggris
5. Ijazah dalam Bahasa Inggris.
6. Proposal rencana riset.
7. Motivation letter.
8. Rekomendasi dari professor di Indonesia (2 orang professor),
format bebas.
9. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
10. Lulus seleksi dokumen dan test wawancara di ACIKITA.

TRANSFER DANA
Biaya pendaftaran dan uang sekolah PTU bisa ditransferkan ke rekening berikut :
Bank Syari’ah mandiri KCP PANG, PAYAKUMBUH

Nama rek : acikita donatur
No rek : 7120104491
Setelah menstransferkan dana, bisa diinformasikan ke nomor : Zidni +62 852-7222-0205.

BIAYA DI JEPANG
Program pertukaran pelajar dan riset tugas akhir
Untuk universitas di Indonesia yang mempunyai kerjasama dengan universitas di Jepang, maka ada keringanan biaya (bahkan mungkin gratis, tergantung kesepakatan universitas), umumnya universitas seperti UI, ITB, IPB, UGM mempunyai kerjasama dengan universitas milik Nasional Jepang, misalnya Tokyo Univ, Tokyo Institute of Technology (ITB-nya Jepang), Kobe Univ, Osaka Univ. Untuk itu calon student harus memastikan hal ini kepada staf di bagian international collaboration di universitas masing-masing.

7. PTU untuk Program Lanjut S1
Kami akan merekomendasikan student ke universitas national di Jepang dengan jalur beasiswa. Besarnya beasiswa beragam, mulai dari 80,000-130,000 yen/bulan. Besarnya beasiswa berbeda-beda tergantung universitas. Dan juga kadang ada yang meng-cover uang kuliah, kadang uang kuliah harus dibayar terpisah. Student bisa mengirimkan aplikasi ke beberapa universitas. Biaya aplikasi ke universitas, tidak termasuk dalam biaya PTU. Keputusan student mendapatkan beasiswa tergantung pada seleksi yang dilakukan oleh pihak universitas di Jepang. Jika mampu melalui tahapan seleksi dengan baik, mampu menjalani interview (media online), maka student bisa luus dan mendapatkan beasiswa.

Biaya PTU
Uang pendaftaran 15,000 yen.
Biaya sekolah PTU (pendidikan sesuai kurikulum PTU) 500,000 yen (70,000,000).

8. PTU untuk Program lanjut S2 dan S3
Kami mendidik student untuk sukses mendapatkan beasiswa dan studi di Jepang. Perjuangan akhir ada pada student, karena student yang berhasil lulus seleksi tahap satu, akan diminta presentasi dan interview online. Tim penguji para professor di Jepang. Andaikan bisa melewati tahapan test dengan baik, insyaAllah bisa mendapatkan beasiswa. Beasiswa sebesar 14,700 yen/bulan untuk S2 dan 148,000 yen/bulan untuk S3.

Perkiraan total biaya yang diterima untuk masa waktu 5 tahun bila mulai belajar dari program S2 hingga S3)

No Hal Jumlah (yen)
1. Beasiswa (S2 dan S3) @147,000 yen/perbulan, maka untuk 5 tahun:
5 x 12 x 140,000 8,820,000 (Rp 1,252,440,000)
2. Biaya masuk 240,000 (Rp 34,080,000)
3. Biaya kuliah pertahun @540,000, maka untuk 5 tahun = 5 x 540,000
2,700,000 (Rp 383,400,000)
TOTAL UANG YANG DITERIMA 11,760,000 (Rp 1,669,920,000‬)

Total uang yang diterima di atas, belum lagi bila saat studi S2 dan S3 mempunyai hasil riset yang baik, maka student bisa mengikuti International Conference baik di dalam Jepang maupun di luar negeri, semuanya dibiayai dari lab.

“Jadi biaya awal untuk studi selama PTU sungguh tidak ada artinya dibandingkan dengan segala kesempatan dan manfaat bila sukses datang untuk belajar di Jepang.”

Bagaimana kalau tidak lulus beasiswa?
Bila student PTU tidak lulus beasiswa tapi diterima di universitas di Jepang, maka student bisa datang dengan biaya awal masuk universitas, membayar admission fee dan biaya pendaftaran. Sedangkan biaya kuliah bisa dibayar 6 bulan di belakang.

Pada saat awal perkuliahan, (di bulan April) ada kuliah umum untuk apply beasiswa, maka sebaiknya datang pada kesempatan tersebut. Universitas melalui bagian international student, akan merekomendasikan student untuk mendapatkan beasiswa. Semuanya di atur oleh staf di bagian international student . Jadi student tidak perlu harus mendaftar dan mengajukan aplikasi beasiswa secara mandiri.

Umumnya, di universitas negeri, mahasiswa bisa mengajukan menjou (keringanan biaya kuliah). Sangat umum mereka mendapatkan keringanan uang sekolah, mulai dari 100%, 75%, 50% dan 25% tergantung kondisi ekonomi setiap student. Kalau student betul-betul tidak mempunyai support dana, maka bisa mendapatkan keringanan 100%.

Di universitas nasional Jepang tersedia sangat banyak beasiswa, misalnya untuk Tokyo Institute of Technology, ada sejumlah 240 macam pemberi beasiswa. Besarnya bervariasi, dan bahkan ada beasiswa khusus untuk orang Indonesia saja. (Rahasia Melanjutkan Studi dan Mendapatkan Beasiswa ke Jepang, Jumiarti Agus, dkk 2008 edisi 1 dan edisi 2, 2018).

KURIKULUM PTU
Totalitas Kurikulum Sekolah Online PTU adalah sbb :
1. Pelajaran Bahasa Indonesia sesuai EYD, mampu menulis dengan
baik, dan menyampaikan pendapat dengan baik.
2. Pemantapan Bahasa Inggris
3. Pelajaran Bahasa Jepang
Untuk bisa beradaptasi dan survive hidup dan belajar di Jepang,
semua student mendapatkan materi Bahasa Jepang sesuai jalur
program studi (English or Japanese) di universitas. Staf
pengajar adalah pengajar ACIKITA dan staf pengajar dari Jepang.
4. Culture, seikatsu (live style), peraturan hidup di Jepang dan
peraturan sebagai member lab di universitas di Jepang, Professor
ibaratnya sebagai Ayah atau penjamin bagi semua student asing
yang berada di labnya.
5. Kiat sukses dan survive hidup dan belajar di Jepang.
6. Home economic
7. Fiqih minoritas
8. Pelajaran Ke-ACIKITA-an, cinta tanah air, tanggung jawab bersama
membangun bangsa, peduli support sesame, untuk kemajuan bersama
di masa depan.
9. Kesempatan melanjutkan studi ke universitas di Jepang. Beragam
universitas di Jepang, dan beragam beasiswa yang bisa di-apply
dan persiapan dokumen.
10. Bimbingan aplikasi ke universitas di Jepang, dan persiapan
menghadapi ujian (presentasi dan interview). Hal ini diberikan
sesuai kebutuhan dan program yang akan diambil.
Bagi pelajar SD, SMP kurikulum no 10, belum diberikan, diganti
dengan motivasi, wawasan dan manfaat bersekolah di Jepang.

TAHAPAN PENDAFTARAN
1. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi link form aplikasi online, berikut adalah untuk murid SMA, tamatan SMA, mahasiswa S1, tamatan S1, mahasiswa S2 dan tamatan S2:
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSelvYBxl1dnW9gZn6xQ4pTEBRaEoWLO5riPGi66CQVhyo6pXw/viewform

Form pendaftaran untuk murid SD dan SMP
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSf9b_dPY0zQnkjpwGeEj54retSzCRdJL3VVpH2—GCjNakkg/viewform

2. Konfirmasi pendaftaran ke acikitaekonomi@gmail.com
3. Pembayaran biaya pendaftaran PTU.
4. Seleksi berkas dan wawancara.
5. Mereka yang lulus seleksi, mentransferkan biaya Sekolah PTU.
6. Pendaftaran ke universitas sesuai jadwal di universitas di
Jepang. Staf ACIKITA akan memberi tahukan kepada setiap student.
7. Proses pendaftaran dan seleksi : 1- 15 September 2020
8. Kegiatan Belajar : Dimulai 25 September 2020


Demikian informasi ini kami pubslih, untuk mensupport anak anak dan generasi muda Indonesia yang betul betul berminat untuk lanjut studi ke universitas di Jepang.

Bila ada pertanyaan bisa menanyakan informasi lebih lanjut kepada kami. Untuk tahun ajaran 2020-2021 ini kami hanya menerima murid PTU untuk maing-masing tingkatan dari seluruh Indonesia sebanyak 20 murid. Untuk itu silahkan dimanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Wassalam
Panitia Online School PTU 20202-2021
Penanggung Jawab Kegiatan
Dr. Eng Jumiarti Agus, S.Si, M.Si,
3 September 2020

One Comment Add yours

  1. Silahkan ajukan pertanyaan bila ada hal yang ingin ditanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *