Dibuka Pendaftaran Student Exchange Untuk Mahasiswa dan Pelajar, 2020.

Student Exchange Khusus Mahasiswa.

Mahasiswa setiap hari akan bergabung di lab para Prof sesuai minat dan bakat/jurusan mereka. Disamping itu mahasiswa juga mengikuti lecture dan juga melakukan penelitian selama berada di Jepang. Jadi mahasiswa dari Indonesia bisa merasakan menjadi mahasiswa di Jepang, dan mengetahui betapa komplit sarana dan prasarana untuk melakukan riset di universitas, di Jepang. Bagi mahasiswa, program ini merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan calon professor pembimbing untuk lanjut S2. Untuk mahasiswa yang masih tahun 1 atau 2 maka kesempatan mengenal lab para professor ini bisa dijadikan sebagai jalan awal untuk nanti melakukan riset penelitian tugas akhir di lab salah satu prof yang didatangi.

Bila sempat riset tugas akhir di Jepang, maka untuk lanjut S2, jalan sudah terbuka. Umumnya mahasiswa Indonesia yang berkesempatan melakukan riset tugas akhir di Jepang, maka mereka biasanya pulang ke Indonesia hanya untuk wisuda S1, dan selanjutnya diundang kembali oleh prof di Jepang untuk lanjut S2 (Tentu mereka yang punya potensi yang baik). InsyaAllah mengikuti program ini, merupakan jalan tol untuk lanjut studi S2. Asalkan mahasiswa mempunyai potensi akademik yang baik, semangat, dan mempunyai akhlak dan kepribadian baik, serta “MAU UNTUK BERJUANG MEMAJUKAN UMMAT DI MASA DEPAN”, kami dari ACIKITA sangat serius akan mensupport.

Untuk Student Exchange Khusus Pelajar
Setiap hari akan datang ke sekolah dan mengikuti pelajaran sesuai kurikulum yang sudah disepakati antara ACIKITA dengan sekolah. Jadi student dari Indonesia tidak perlu mengikuti pelajaran yang membutuhkan pemahaman bahasa Jepang yang sangat baik, tapi akan mengikuti pelajaran yang memang bisa dipahami dengan baik. Student juga mengambil club sesuai dengan keinginan. Tersedia banyak club, di berbagai sekolah di Jepang.

TOTALITAS PROGRAM DAN MATERI KEGIATAN DI JEPANG

1. Setiap hari mahasiswa akan hadir di lab di bawah bimbingan professor, seperti mahasiswa Jepang. Dan untuk pelajar SD, SMP, atau SMA akan bersekolah di sekolah Jepang yang telah dihubungi oleh ACIKITA.
2. Presentasi ACIKITA, pengarahan, penyampaian aturan selama berada di Jepang.
2. Materi kesehatan dan hidup sehat, visit lingkungan, tata Kota, peradaban dan pemukiman di Jepang.
3. Materi home economic, (materi wajib karena ini adalah salah satu materi pokok yang tidak ada dalam kurikulum nasional Indonesia; persiapan menjadi ibu dan bapak masa depan, menjadi pemimpin masa depan).
4. Pelatihan menghadapi gempa bumi dan tsunami, pengetahuan tentang gempa dan tsunami, persiapan menghadapi gempa dan tsunami, desain rumah, pemilihan tempat tinggal yang aman, desain dan interior rumah untuk meminimalisir bencana.
6. Informasi “Rahasia melanjutkan studi dan mendapatkan beasiswa di universitas di Jepang.”
7. Wawasan technology Jepang; Visit Akashi kaikyo, musum jembatan terpanjang di dunia, dan tour di atas jembatan, musium alat alat transportasi, kapal selam, dll oleh Perusahaan Kawasaki.
8. Visit daerah wisata di Kobe dan Osaka, Minatogawa jinja, Kobe Harbarland, umie, Kobe Tower, Be Kobe.
9. Mengetahui lifestyle bangsa Jepang, silaturrahmi dengan orang Jepang, upacara minum ocha, dan kesempatan menggunakan kimono.
10. Silaturrahmi dengan para pelajar Indonesia.
11. Visit sistem pendidikan SD di Jepang, yang menjadi akar kemajuan bangsa Jepang (ini adalah materi wajib yg harus diikuti oleh setiap peseerta, karena rahasia keberhasilan sistem pendidikan di Jepang berpusat ditingkat SD).

BIAYA UNTUK 1 BULAN
1. Sebesar 340. 000 yen.
2. Discount 10% khusus untuk pelajar dan alumni ACIKITA. Termasuk alumni Summer Vacation, Summer School dan Winter School.
Biaya ini sungguh sangat murah dibandingkan dengan semua kesempatan, keilmuan, wawasan, yang tidak bisa dihargai dengan uang. Kegiatan ini banyak disubsidi melalui kerjasama yang diprakarsai ACIKITA. Kesempatan seperti ini hanya bisa didapatkan di ACIKITA karena sebagian kami adalah akademisi yang berdomisili di Jepang, kami sangat fokus dalam mensupport anak-anak Indonesia untuk maju dan mau memajukan Indonesia. InsyaAllah informasi yang dalam bisa dihadirkan pada pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Arti biaya 340,000 yen adalah sama dengan Rp 340,000 di tahun 1966-1976. Jadi sungguh sangat murah, sebenarnya. Baik orang Jepang atau orang Indonesia yang mengetahui kondisi di Jepang, selalu berucap, “Biaya yang ditetapkan oleh ACIKITA sangat murah!”
“Ya kami ingin mendidik dan menyadarkan generasi muda, untuk bergiat menjemput kemajuan!”

FASILITAS
1. Tiket pesawat PP.
2. Undangan dan jaminan berada di Jepang.
3. Pengurusan VISA
4. Transportasi selama kegiatan.
5. Biaya semua kegiatan
6. Biaya penginapan.
7. Booklet panduan hidup dan tata krama di Jepang.
8. Sertifikat (Soft file), pengalaman selama ini, beberapa kali print dan kami kirimkan sertifikat, tapi tidak semua peserta yang menerima sertifikat yang sudah kami kirimkan.
9. Bingkisan dari ACIKITA atau T-shirt.
10. Kimono experience.
11. Guru Pendamping dari Indonesia.

PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Sesuai 15 September -15 Oktober 2020.

PROSEDUR PENDAFTARAN
1. Pendaftaran melalui para kontak kami (via WA)+62-878-7079-4744; +81-80-3333-1327).
2. Interview dan seleksi calon peserta.
3. Membayar DP keikutsertaan 30% (maksimal satu minggu setelah pendaftaran). Biaya disetorkan ke rekening Yayasan Aku Cinta Indonesia Kita Sejahtera, Bank Syari’ah Mandiri, KCP Pangkalan Payakumbuh
Nama rekening : ACIKITA Donatur; No rek: 7120104491
4. Bukti transfer mohon dikirimkan kepada kami.
5. Pengiriman undangan dan jaminan oleh ACIKITA di Jepang.
6. Pelunasan biaya 1 bulan setelah pendaftaran.
7. Pengurusan visa.
8. Persiapan keberangkatan.

CONTACT PERSON:
Menghubungi +62-878-7079-4744; +81-80-3333-1327.

PERSYARATAN KEIKUTSERTAAN
1. Program ini bisa diikuti oleh pelajar SD (asalkan sudah mandiri), SMP, SMA, dan mahasiswa.
2. CV dari peserta
3. Motivasi mengikuti program dan hal apa yang diinginkan.
4. Foto kopi rapor atau transkrip nilai bagi mahasiswa.
5. Surat izin orangtua.
6. Surat izin dari sekolah.
7. Passport.
8. KTP atau kartu pelajar.
9. Peserta wajib mematuhi aturan selama kegiatan.
10. Peserta harus mempunyai kesehatan yang baik (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter).
11. Semua peserta wajib membayar biaya keikutsertaan.

KERJASAMA
Kegiatan Ini bekerjasama dengan Kobe University, Hyogo Univ, Hyogo Internasional Affair, Kobe Indonesian Society (KIS), Kita-Ku Scout (Pramuka di wilayah Kobe Utara), Pelajar Indonesia di Jepang, SD, SMP dan SMA di Kita-Ku, Kobe.

“Terimakasih ACIKITA sudah mengadakan program yang sangat bagus ini, mensupport kemajuan dan menyadarkan para pelajar Indonesia.” Ucap mereka yang sudah ikut program pertukaran pelajar

Terkait kegiatan ini bisa dikunjungi Fanpage ACIKITA Studies to Japan and Abroad (ASJA).

Terimakasih.
Wassalam
Devisi ASJA ACIKITA Foundation
Penanggungjawab
Dr. Eng Jumiarti Agus
Ketua Internasional ACIKITA
Up date kegiatan 16.06.2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *