Visit Sistem Pendidikan di Jepang Khusus Kepala Sekolah di Indonesia

Visit Sistem Pendidikan di Jepang Khusus Kepala Sekolah di Indonesia

Kemajuan bangsa Jepang adalah buah dari sistem pendidikan yang mereka terapkan, yang benar-benar terprogram, terencana dan terlaksana dengan baik, serta terus diupdate sesuai problem dan kondisi yang terjadi.

Pendidikan dini dan dasar benar-benar berfokus pada moral by action yang dilatih setiap hari dan setiap waktu, serta kreativitas yang digali semaksimal mungkin ditambah dengan program studi dan visit untuk menambah wawasan anak didik.

Kondisi Indonesia yang tengah mengalami degradasi moral, membuat kami serius untuk ikut mencarikan solusinya.

Dalam hal ini kami ingin mengundang para kepala sekolah di Indonesia untuk belajar singkat di Jepang, untuk mensupport pendidikan di sekolah masing-masing-masing. Bila satu Kepala Sekolah bisa paham sesungguhnya sistem pendidikan di negara maju, semoga bisa diterapkan untuk perbaikan sistem pendidikan di Indonesia. InsyaAllah satu sekolah yang diperbaiki, maka ribuan murid akan membaik. Aamiin YRA.

Tujuan Kegiatan

1. Memberikan sharing dan edukasi kepada peserta tentang sistem pendidikan yang relativ baik, dari TK – Perguruan Tinggi, hal terbaik diharapkan bisa diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia.
2. Memberikan input kepada peserta untuk perbaikan sistem pendidikan demi peningkatan kualitas generasi masa depan bangsa.
3. Diharapkan terwujud kerjasama di tingkat akar rumput di masa depan untuk hubungan yang lebih baik pada bidang pendidikan dan riset.

Prosedur Pendaftaran :
1. Mengisi form pendaftaran online pada link berikut :
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc3jxLthUoVlUCmHkLf84sXmBdKE8VREd15KnsMwaFql8wkBQ/viewform

2. Setelah mengisi pendaftaran online meritahukan pada CP +81-80-3333-1327.
3. Membayar DP keikutsertaan 30% (maksimal 7 hari setelah pendaftaran). Biaya disetorkan ke rekening ACIKITA Bank Mandiri Cab Kota Wisata Cibubur No rek : 133-00-1410382-4
4. Bukti transfer mohon dikirimkan kepada kami.
5. Pendaftaran, pembayaran dan semua persyaratan, paling telat diselesaikan tiga bulan sebelum kegiatan.

Program :
1. Visit TK mempelajari sistem pendidikan prasekolah (sekolah TK dan Hoikuen, sekolah untuk anak yang orangtua mereka bekerja).
2. Visit SD mempelajari sistem sekolah SD. Peserta akan berada satu hari di SD, melakukan observasi tentang semua fasilitas, dan juga mengikuti presentasi dari kepala sekolah SD.
3. Mengunjungi SMP mempelajari sistem SMP, mengikuti presentasi dari Kepala sekolah tentang program satu tahun sekolah SMP.
4. Mengunjungi SMA, studi sistem pendidikan SMA dan mengikuti presentasi tentang program SMA 1 tahun.
5. Mengunjungi universitas, melihat beragam fasilitas dan mengikuti presentasi di universitas.
6. One day Workshop, “Rahasia Kemajuan bangsa Jepang”.
7. Culture exchange and experience : merasakan mencicip masakan Jepang dan experience menggunakan kimono.
8. Silaturrahmi dengan persatuan orangtua murid di sekolah, untuk memahami peran serta aktiv PTA dalam memajukan program sekolah.
9. Silaturrahmi dengan para lansia dalam memajukan program sekolah.
10. One day tour Kobe, Himeji, dan daerah lainnya d Hyogo.

Waktu Pelaksanaan
Kegiatan akan dilaksanakan 21-27 Juni 2019, atau 21-27 September 2019. Bila berangkat satu group kegiatan bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang diinginkan.

Fasilitas :
1. Undangan dan garansi masuk ke Jepang.
2. Pengurusan visa ke Jepang
3. Layanan persiapan keberangkatan.
4. Semua biaya pengurusan kunjungan di Jepang
5. Semua biaya kegiatan selama di Jepang.
6. Biaya pesawat Garuda
7. Biaya yang diperlukan selama visit dan tour d Jepang.
8. Biaya workshop,
9. Sertifikat, dan buku.
10. Makanan halal selama kegiatan.

Biaya :
Biaya keikutsertaan sebesar 200,000 yen (tahun 1966-1976, 1 yen = 1 rupiah).

Kerjasama
Kegiatan ini bekerjasama dengan Hyogo International Association, Hyogo Univ, Sekolah TK, SD, SMP dan SMA di Hyogo. PTA (Parents Teachers Association).

Mohon bantuan share info ini, agar mereka yang butuh bisa mengikuti program ini, untuk perjuangan perbaikan kualitas manusia Indonesia, calon pemimpin masa depan bangsa.

Meneruskan informasi ini merupakan bentuk kepedulian kita dalam menciptakan kondisi kehidupan berbangsa yang lebih baik di masa depan. InsyaAllah

Terimakasih

wassalam
Devisi ASSJA
ACIKITA

Promotor dan Penanggungjawab
Dr. Eng, Jumiarti Agus, SSi. M. Si

5 Comments Add yours

  1. Bening Sari, SP says:

    Bisakah saya ikut yang hanya seorang ibu rumah tangga. Karena saya sangat peduli dengan kurangnya empati dan degradasi moral anak, efek gadget dan tidak adanya pelajaran budipekerti di sekolah.

    1. Dear Ibu Bening, boleh Ibu, bila ingin ikut berjuang bersama di ACIKITA.

  2. Drs. Bakhtiar Brisah, M.Pd says:

    Saya sangat setuju dengan program yang ditawarkan untuk menambah wawasan, pengetahuan dalam mendidik anak bangsa yang sedang dilanda degradasi moral. Tapi yang paling perlu tahu hal ini adalah penentu dan pembuat kurikulum dimana mereka harus tahu persis kondisi yang ada di lapangan, dalam hal ini kota dan desa pasti sangatlah beda kondisinya.
    Mendidik dan mengajar adalah dua hal sangat berbeda, pada awal kemerdekaan hingga tahun 90 an yang terjadi di sekolah adalah pendidikan tetapi belakangan ini yang terjadi adalah pengajaran, mendidik sudah hampir tidak ada. Dan inilah salah satu penyebab degradasi moral generasi sekarang.

    1. Terimakasih Pak, atas kesepakatannya.
      Benar sekali Pak, kami merasakan juga saat ini unsur pengajaran yang dominan dalam sistem pendidikan di Indonesia.

  3. Bapak Ibu yth, silahkan informasi di website ini diteruskan, agar bila kepala sekolah yang ikut, bisa paham bagaimana seharusnya kita menghadirkan pendidikan yang baik untuk anak anak kita, sehingga kualitas pendidikan bisa diperbaiki, dan akhirnya banyak anak akan terselamatkan. kami sangat mengapresiasi bila para alumni iyuran untuk mensupport kepala sekolah di almamater mereka untuk bisa ikut studi singkat di Jepang ini. Insyaallah dengan perjuangan bersama ini akan memberikan hasil yang significant untuk perbaikan sistem pendidikan di negara kita. Aamiin YRA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *