Bagaimana Konsep Pendidikan ACIKITA?

Konsep pendidikan ACIKITA? Landasan perjuangan kami dalam mengedukasi ummat adalah Alquran dan hadist. Alquran merekomendasikan manusia adalah kalifah (pemimpin). Jadi bertekad dan bercita-cita agar sekolah ACIKITA menjadi bioreakror untuk memproduksi pemimpin masa depan bangsa.

Apa kisi-kisi seorang pemimpin?
Seorang pemimpin tidak saja punya potensi mampu menghafal Alqur’an, tetapi bisa menghafal dan mengaktuliasasikan isi alquran. Metode dalam pengajaran akhlak, kami adopsi dari sistem pendidikan di Jepang, dimana sejak dini akhlak anak-anak sudah menjadi fokus utama. Akhlak ditanamkan dengan metode keteladan para guru dan anak-anak dilatih untuk mempraktekkannya dalam pertemuan sehari hari di sekolah.

“Hancurnya Indonesia karena akhlak manusia dewasa dan manusia Indonesia yang terdegradasi.”

Pemimpin harus mempunyai visi, dan misi ke depan.
Pemimpin harus mempunyai potensi diri, ilmu yang mantab dan mengakar. Cita-cita kami, setelah anak-anak tamat SMA mereka akan dikirim ke Jepang. Sejak kelas 3 SMA, mereka akan kami bimbing untuk apply masuk universitas di Jepang.

Pemimpin harus cinta sesama, cinta kemajuan ummat, maka ada kurikulum, berjuang bersama membangun bangsa. Materinya apa saja? Sejarah Indonesia masa lalu yang diperebutkan pihak asing, sumber daya alam, kondisi Indonesia kini, sehingga dengan memberikan materi pelajaran tersebut insyaAllah akan mengundang kesadaran para murid bahwa mereka harus mengambil peran dalam perjuangan memajukan Indonesia. Apalagi sebagai pembanding adalah Jepang, negara miskin tapi kaya. Di sini ada juga muatan sistem pendidikan sebagai akar kemajuan bangsa. Sehingga semua murid ACIKITA paham kalau sistem pendidikan kita salah dan jungkir balik. Ini yang menyebabkan kita tidak maju.

Pemimpin tidak hanya bisa menyuruh saja, tetapi harus bisa melakukan semua hal yang terkait kehidupan pribadi, sendiri. Dalam hal ini kami meberikan pelajaran home economic, misalnya mencuci piring, bisa memasak, karena target, mereka sekolah d LN, harus mandiri, bisa atur keuangan, management rumah tangga. Ini dipelajari juga melalui home economic.

Pemimpin harus tahu ilmu hidup sehat, konsep hidup sehat, lingkungan bersih. Jadi di sekolah ACIKITA ada ilmu kesehatan yang juga dipelajari.

Pemimpin harus bisa menulis, harus punya kemampuan bahasa Indonesia yang baik, maka materi bahasa Indonesia juga sangat kuat diberikan porsinya. Bahkan setiap anak mulai dari TK disupport untuk membukukan karyanya. Ini semuanya untuk memupuk potensi bahasa Indonesia, bisa menulis dan menyampaikan dengan baik. Di sekolah ACIKITA, ada ACIKITA Publishing dan percetakan mandiri yang sederhana.

Mereka saat SMA wajib semuanya ikut student exchange, secara berpikir sesuai potensi dikirim Ke Jepang ke ACIKITA Internasional sebagai hosonin (penjamin). Untuk SMP student exchange sebagai pilihan dan mereka semua anak SMP wajib mengambil studi singkat dan Visit Japan.

InsyaAllah sistem inovasi begini yang pertama di Indonesia. Sekolah yang mempunyai link dan kantor Yayasan ada di luar negeri, Jepang dan Eropa.

Hal di atas bukan muluk-muluk, sudah dan sedang dijalani programnya. Bahkan satu murid kami kelas 2 pindah ke Jepang, karena targetnya ingin masuk Kobe Univ, semoga dimudahkan Allah. Aamiin YRA.

InsyaAllah kami akan mensupport dengan maksimal anak-anak Indonesia, karena mereka adalah “Takara Mono” Bangsa Indonesia. Nasib bangsa ini mereka yang akan memperjuangkannya.

Makin banyak yang betul-betul dalam dan mengakar ilmunya, insyaAllah Indonesia kita akan se makin membaik.

Saat ini masih banyak tong kosong nyaring bunyinya. Bisa berbicara besar, tapi keahlian dan ilmu sesungguhnya jauh lebih dangkal dari apa yang dilontarkan, dan praktek nyata tentang hal ini bisa kita amati, di mana-mana.

Bapak Ibu mau meghantarkan anak untuk menjadi pemimpin di tingkat global? Yuk daftar di sekolah ACIKITA. Bisa hubungi kami: +62 878-7079-4744 atau +81-80-3333-1327. www.acikita.org

Terimakasih
Jumiarti Agus
Kobe, Jepang

One Comment Add yours

  1. Taurus Trivana says:

    Subhanallah, keren banget perjuangan ACIKITA. InsyaAllah saya akan kirim anak-anak saya belajar di ACIKITA. Terimakasih para pengurus dan staf ACIKITA. Taurus (Sumbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *