ASSJA: ACIKITA Student Exchange (SMP dan SMA)

Program Belajar di Sekolah Jepang, Bagi Murid SMP dan SMA di Indonesia (Program Pertukaran Pelajar).

Untuk mensupport kemajuan bagi anak-anak kita, ACIKITA telah merintis kerjasama dengan pemerintahan di Kobe. Alhamdulillah mereka memberikan kesempatan belajar di sekolah-sekolah di Propinsi Hyiogo. Jadi anak-anak dari Indonesia bisa merasakan bagaimana menyenangkan belajar dan mengikuti semua program di sekolah Jepang, dengan fasilitas sekolah yang sangat lengkap.

Semoga bisa terwujud kerjasama antar sekolah antar negara, dan tentunya melalui pengalaman yang dirasakan anak akan mewarnai pendidikan di Indonesia. InsyaAllah

Program
1. Setiap hari anak-anak belajar di sekolah negeri di Jepang sesuai usia anak. Sekolah Jepang tidak mengenal percepatan, tapi anak belajar sesuai umur.
2. Anak anak akan mengikuti club, mulai dari club seni, musik, menggambar, dan beragam olahraga sesuai minat setiap anak.
3. Anak akan ikut serta dalam beragam acara spesial di sekolah sesuai program sekolah.
4. Anak-anak akan mengikuti kursus bahasa Jepang, untuk bisa membantu komunikasi lebih cepat.
5. Program visit dan Tour sesuai jadwal, mulai dari musium sains dan teknologi, pelatihan menghadapi gempa, tsunami, visit universitas, dll di daerah Kobe, Osaka dan Kyoto.
6. Materi pelatihan menulis, kepemimpinan, kajian agama Islam, cinta tanah air dan tanggung jawab mengisi kemerdekaan. Materi akan diberikan oleh Expert Indonesia sesuai bidangnya.
7. Materi pelajaran di sekolah Indonesia akan dimonitor untuk mereka yang mengikuti pertukaran pelajar selama 6 bulan sampai setahun.

Prosedur Pendaftaran
1. Peserta harus mendaftar https://docs.google.com/forms/d/1CURW5XourvfwVk1yzFkrA1APg07UdWPbl6JhmxOCjlk/edit
2. Selanjutnya mohon melakukan konfirmasi kepada kami via WA +62-813-8750-8148

Persyaratan Peserta
1. Lulus seleksi oleh ACIKITA.
2. Peserta adalah pelajar SMP, SMA.
3.Peserta harus bisa berbahasa Inggris dan bisa berbahasa Jepang sederhana.
4. Membayar semua biaya yang dibutuhkan.

Biaya Kegiatan

Untuk semua kegiatan di sekolah, mulai dari kegiatan belajar hingga beragam aktivitas club dan pelajaran tambahan, semuanya gratis. Anak-anak dari Indonesia akan belajar bersama anak anak Jepang. Pelajaran seni, musik, keterampilan, olahraga, bahasa Inggris serta beragam acara lainnya dapat dengan mulus bisa diikuti anak anak Indonesia. Mungkin pelajaran bahasa Jepang, IPA, IPS dan matematika akan susah, tapi kegiatan visit yang diadakan sekolah bisa diikuti semuanya. Untuk pelajaran yg tidak bisa diikuti, murid-murid dari Indonesia bebas memilih apakah tetap ingin di dalam kelas atau belajar pelajaran dari Indonesia di perpustakaan sekolah.

Kecuali untuk kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah dan kegiatan menginap, setiap murid harus membayar sesuai biaya yang ditetapkan sekolah.

Seleksi
Untuk mengikuti kegiatan ini, bekerjasama dengan guru-guru di sekolah kami akan menyeleksi murid-murid. Seleksi meliputi : seleksi berkas, potensi tambahan yang dipunyai murid, moral dan etika, serta kemampuan berbahasa Inggris.

Waktu Kegiatan
Pendaftaran bisa dilakukan setiap saat, kegiatan tergantung waktu peserta dan kesediaan sekolah di Jepang untuk menerima, dan kegiatan tidak bergantung group.

Persyaratan Umum Peserta ASSJA
1. Peserta berusia 10 tahun ke atas.
2. Peserta harus mempunyai kesehatan yang baik yang dibutikan dengan surat keterangan dokter.
3. Peserta harus mempunyai kelakukan yang baik, dan tidak terlibat suatu kasus di Indonesia, dibuktikan dengan surat dari atasan, guru dan dosen wali.
4. Peserta harus mendapatkan izin dari orangtua atau atasan di kantor.
5. Peserta harus mematuhi dan memenuhi segala persayaratan administrasi yang ditetapkan oleh ACIKITA.
6. Peserta harus mengisi formulir pendafataran ASSJA.
7. Peserta harus membayar seluruh biaya ASSJA.
8. Pendaftaran tidak bisa dibatalkan sejak visa keluar. Aturan detil pembatalan akan kami infokan.
9. Peserta harus mematuhi semua arahan yang diberikan oleh team ACIKITA selama keberadaan di Jepang.
10. Peserta tidak melakukan hal-hal kriminal, dan membawa barang-barang terlarang, ketika memasuki Jepang. Bila terjadi kriminal yang dilakukan oleh peserta kamai dari team ASSJA tidak akan melindungi kegiatan tersebut.
11. Peserta dilarang melakukan tindakan yang merusak perjuangan ACIKITA.

Devisi ACIKITA Short Studies to Japan
Pengurus ACIKITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *