PENERIMAAN MURID BARU SEKOLAH ACIKITA; KELOMPOK BERMAIN, TK, SD, SMP, SMA, dan Sekolah Persiapan Lanjut Studi ke Jepang (Untuk S1 dan S2).

 

Sekolah ACIKITA adalah sekolah Nasional plus yang mempunyai kerjasama dengan berbagai sekolah dan instansi internasional (terutama Jepang).

 

Motto Pendidikan di ACIKITA,

“Menghadirkan Pendidikan yang berfokus pada pembentukan akhlak dan potensi diri anak, sesuai tuntunan Alqur’an dan hadist.”

 

Background

Perjuangan ACIKITA telah dimulai sejak 2006, oleh pelajar dan kaum akademis yang ingin berbuat nyata untuk memajukan Indonesia. Motto ACIKITA, “Berjuang bersama membangun bangsa, melalui perjuangan pada bidang pendidikan, mari kita putus rantai permasalahan bangsa!”

 

Perjuangan untuk perubahan sistem pendidikan di Indonesia sudah kami lakukan secara serius pada tahun 2010 dan 2011, saat kami aktiv mengikuti rapat terbatas anggota Dewan Pertimbangan Presiden (WanTinPres). Kami berfikir, “Bila pemerintah dan orang-orang yang mengambil kebijakan menerapkan sistem pendidikan yang baik, yaitu pendidikan yang berfokus pada pembentukan moral dan kreativitas anak  sejak dini, maka secara nasional sistem tersebut akan bisa diterapkan di lapangan.

 

Tahun 2014 kami memutuskan untuk mendirikan TK ACIKITA, untuk memulai perjuangan pendidikan yang berkesinambungan. Selanjutnya pada tahun 2015 kami mendirikan SD ACIKITA. Tahun 2016 kami mendirikan SMP ACIKITA. Dan tahun 2018 kami membuka SMA ACIKITA dan Sekolah persiapan untuk masuk ke universitas di Jepang (program 1 tahun).

 

Visi Pendidikan di ACIKITA

Mencetak calon pemimpin masa depan yang mempunyai akhlak dan potensi diri yang baik, berwawasan global, serta bertanggung jawab untuk kemajuan diri, masyarakat, bangsa dan negara.

 

 

 

Misi Pendidikan di ACIKITA

 

Memantapkan konsep dan ajaran Tauhid, serta praktek ajaran Islam sejak dini. Pendidikan di ACIKITA mengutamakan penanaman ajaran agama sebagai pondasi paling utama, baik yang berkaitan dengan Sang Pencipta maupun dalam hubungan dengan sesama manusia. Metode dilakukan secara teori, dan praktek, sesuai usia anak.

 

Menggali potensi, kreatifitas, dan kemampuan anak mencipta, seluas-luasnya. Kemampuan anak untuk mencipta, tidak bisa dilakukan secara instan, tapi harus dimulai dari dini. Berdasarkan pengalaman riset kami di Jepang, maka kami akan mengemas sistem pendidikan ACIKITA sebaik mungkin, sehingga kemampuan mencipta, berkarya, dan kreativitas anak benar-benar bisa digali dengan maksimal. Semoga mereka nanti bisa tumbuh menjadi insan-insan pencipta di berbagai bidang.

 

Mendidik dan melatih kemandirian anak sejak dini. Di sekolah  ACIKITA kami memberikan pendidikan yang berorientasi pada kemandirian anak sejak dini, didukung oleh lingkungan belajar yang kondusif serta pengajar  berpengalaman mengajarkan kemandirian. Diharapkan anak sudah mampu melakukan kegiatan sehari-hari, membantu orang tua, dengan kesadaran sendiri tanpa paksaan.

 

Menanamkan etika dan kepribadian kepada anak sejak dini, dengan metode action bukan hanya ceramah. Kami mengutamakan pembentukan karakter anak, dengan mengadopsi sistem positiv  dari pendidikan SD di Jepang yang berfokus pada pengajaran moral dan karakter anak dengan metode action setiap hari, tanpa anak merasa terbebani. Tentunya guru merupakan teladan utama bagi anak di sekolah.

 

Memberikan wawasan pengetahuan kepada anak sesuai dengan tingkat usia anak. Kami menghadirkan banyak buku-buku kepada anak. Membaca buku setiap hari adalah suatu hal yang dominan dalam sistem pendidikan di ACIKITA. Nantinya anak akan menjadi insan yang mempunyai ilmu dan wawasan luas karena ia selalu haus membaca.

 

Membentuk anak-anak Indonesia yang bertubuh sehat dan kuat. Melalui kegiatan-kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler, serta pelajaran kesehatan, sekolah ACIKITA berusaha menciptakan generasi yang sehat jasmani, mandiri, dan kompak berjuang bersama.

 

 

Aktiv menjalin kerjasama internasional, untuk persahabatan, keharmonisan, kerjasama, dan kemajuan bersama di masa depan, baik di tingkat siswa maupun staf pengajar.

 

Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang kondusif, serta pelayanan dan pengelolaan yang professional. 

 

Mengapa Memilih Pendidikan di  ACIKITA?

  1. Biaya sangat terjangkau.
  2. Kurikulum agama, ibadah sholat, belajar mengaji al’qur’an dan hafalan Al-qur’an. Target hafalan Alqur’an SD (5 juz), SMP (10 juz) dan SMA (15 juz).
  3. Kurikulum nasional.
  4. Kurikulum praktek moral mengadopsi “metode” pengajaran moral dari Jepang, materi pendidikan moral merujuk pada Alqur’an dan Hadist.
  5. Kurikulum ACIKITA, program perjuangan ACIKITA, tanggung jawab membantu sesama, cinta tanah air, dan memajukan Indonesia.
  6. Anak-anak dididik mempunyai kemampuan Bahasa Indonesia yang sopan dan baik (lisan dan tulisan).
  7. Anak-anak setiap hari dilatih untuk bisa melakukan kegiatan bebersih.
  8. Murid murid dituntun untuk mengikuti proses kegiatan belajar dan mengajar dengan suasana yang nyaman, proses belajar bukan untuk mencapai nilai test yang tinggi, kejujuran sangat ditanamkan pada anak.
  9. Setiap anak akan digali potensinya semaksimal mungkin dan akan disupport untuk melanjutkan studi sesuai minat dan bakatnya.
  10. Beragam club bisa diikuti anak; club bahasa (bahasa Arab, Inggris dan Jepang); publishing (menulis dan menerbitkan buku), beragam olahraga; berlari, sepak bola, berenang, volly ball, basket ball, bulu tangkis, tenis meja, sains, komputer, musik, seni tari, annoucer, keterampilan rumahtangga (memasak, menjahit, pertukangan), menggambar (manga), organisasi dan volentir; kegiatan kemasyarakatan, serta Japanese club.
  11. Kunjungan studi edukatif di Indonesia.
  12. Kunjungan studi edukatif di Jepang (untuk murid TK hingga murid kelas persiapan lanjut studi ke Jepang).
  13. Hari olahraga bersama dan kegiatan seni terkoordinir.
  14. Karya anak akan dibukukan di ACIKITA Publishing.
  15. Peringatan Hari Besar Islam dan Peringatan Hari Besar Nasional.
  16. Family day.
  17. ACIKITA day.
  18. Home stay di ACIKITA di Jepang (program pilihan).
  19. Student Exchange di Jepang (bagi SMP dan SMA).
  20. Mengikuti summer vacation di Jepang, Eropa, dan Umrah. Setiap tahun selalu ada kegiatan summer vacation ke luar negeri, untuk membuka dan menambah wawasan para murid.
  21. Staf pengajar tamu dari Jepang (guru atau professor).
  22. Guru guru secara berkala disupport untuk visit sistem pendidikan dan training di Jepang.
  23. Bagi murid SMP atau SMA yang berbakat, sangat disupport untuk melanjutkan studi ke sekolah kejuruan atau universitas di Jepang.
  24. Para murid dan orangtua mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana melanjutkan sekolah dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri.
  25. Guru yang ramah, berkualitas, dan berpengalaman.
  26. Pemeriksaan kesehatan umum dan gigi.
  27. Konseling pendidikan dan permasalahan anak.
  28. Ruang kelas yang nyaman.
  29. Tersedia fasilitas perpustakaan, lab komputer, lab sains, lab keterampilan, lab memasak, ruangan musik, ruangan PTA (Parents Association)
  30. Untuk sekolah SMA maksimal belajar hanya 2 tahun, selanjutnya materi persiapan lanjut studi ke universitas (dalam dan luar negeri, sesuai minat anak).
  31. Untuk murid SMP dan SMA wajb mengikuti trial week (mencoba merasakan bekerja) baik di Indonesia maupun di Jepang (setiap murid boleh memilih).
  32. Alumni ACIKITA lebih diprioritaskan bila ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Jepang.
  33. Murid-murid ACIKITA ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gebyar Kreasi Seni Anak Bangsa), ACIKITA International Seminar, atau ACIKITA International Conference on Science and Technology (AICST); ACIKITA Indonesian Fair, dan beragam kegiatan lainnya.
  34. Murid-murid diatih untuk melakukan kegiatan bisnis di ACIKITA.
  35. Fasilitas rumah ACIKITA (sebagai tempat tinggal murid). Setiap murid akan dilatih untuk mandiri, bisa kerjasama, peduli sesama. Mereka juga dibina untuk melaksanakan praktek ibadah yang lebih dalam. Mereka dibimbing untuk bisa menjadi aktivis dan penggiat kemajuan di lingkungan tempat tinggal mereka. Setiap rumah ACIKITA dikoordinir oleh para guru. Jadi anak-anak tinggal tidak terisolasi dari lingkungan masyarakat. Tentunya tempat tinggal dipastikan aman, bersih dan sehat. Semua rumah berlokasi di dalam komplek Kota Wisata Cibubur.
  36. Untuk anak yatim dan keluarga dengan ekonomi lemah, kami mempunyai sistem keringanan biaya hingga gratis, keputusannya sesuai kesepakatan dengan orangtua atau wali murid.

 

Dimana Sekolah ACIKITA?

 

  1. Kota Wisata Cibubur TK, SD dan SMP, pengembangan sekolah untuk SMA dan Sekolah Persiapan Lanjut Studi ke Jepang, sedang dipersiapkan di Jl Ciangsana Raya No 31, Cibubur, Kab Bogor.
  2. Padang, TK dan Sekolah Persiapan Lanjut studi ke Jepang.
  3. Pariaman, TK dan Sekolah persiapan lanjut studi ke Jepang.
  4. Pekanbaru, SMA dan Sekolah Persiapan Lanjut Studi ke Jepang.

 

Waktu Pendaftaran

Gelombang I: Januari – 1 Maret 2018.

Gelombang II: 7 Maret – 23 April 2018

Gelombang III: 24 April – 24 Juni 2018

Gelombang II dan III bisa ditutup bila tempat sudah full saat pendaftaran pertama.

 

Waktu Test 

Gelombang I : 2 Maret 2018;

Gelombang II: 24 April 2018;

Gelombang III: 25 Juni 2018

 

Pengumuman Hasil Test

Gelombang I : 5 Maret 2018;

Gelombang II: 24 April 2018;

Gelombang III: 27 Juni 2018

 

Pendaftaran Ulang 

Gelombang I : 6-7 Maret 2018;

Gelombang II: 25-26 April 2018;

Gelombang III: 28-29 Juni 2018

 

Materi Test

TK dan SD : Test kesehatan, komunikasi dengan anak, membaca Iqra.

 

SMP, SMA dan Sekolah Persiapan Lanjut Studi ke Jepang.

  1. Test tertulis : Bahasa Indonesia; matematika, Bahasa Inggris
  2. Mengaji Alqur’an dan hafalan.
  3. Test kesehatan
  4. Wawancara.

 

Prosedur Pendaftaran

Menghubungi kontak ACIKITA via WA +62-878-7079-4744; +81-80-3333-1327

Pendaftaran online melalui wbsite ACIKITA. www.acikita.org

 

Mari kita bergiat berjuang bersama dengan menyekolahkan anak-anak kita di ACIKITA.

 

Panitia Penerimaan Murid Baru Sekolah ACIKITA TH 2018/2019

Penamggung jawab Ketua Nasional ACIKITA Ketua Internasional ACIKITA

Rahmiwati Agus, S.Ag; Dr.Eng, Jumiarti Agus, S.Si, M.Si

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment